FUNGSI MANAJEMEN MENURUT BEBERAPA AHLI
Pembagian
fungsi manajemen menurut beberapa ahli manajemen, di antaranya yaitu :
1. Dalton
E.M.C. Farland
(1990) dalam “Management Principles and Management” :
- Planning
- Organizing
- Controlling
2. George
R. Ferry (1990)
dalam “Principles of Management” :
- Planning
- Organizing
- Controlling
- Activating
3. H.
Koontz dan O’Donnel (1991)
dalam “The Principles of Management” :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Controlling
- Directing
4. Luther
Gullick :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Coordinating
- Reporting
- Controlling
5. Nickels
& McHugh
:
- Planning
- Organizing
- Directing
- Controling
6. Richar
W Griffin :
- Planning
- Organizing
- Leading
- Controling
7. Ernest
Dale :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Innovating
- Representing
- Controling
8. Henry
Fayol :
- Planning
- Organizing
- Commanding
- Coordinating
- Controlling
9. Lyndall
Urwick & Luther Gulick
:
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Coordinating
- Reporting
- Budgeting
10. John
Robert B, Ph.D
:
- Planning
- Organizing
- Commanding
- Controlling
11.
William H. Newman
:
- Planning
- Organizing
- Assem-bling
- Resources
- Directing
- Controlling
12. Dr.
S.P. Siagian, M.P.A
:
- Planning
- Organizing
- Motivating
- Controlling
13.
William Spriegel
:
- Planning
- Organizing
- Controlling
14. Dr.
Winardi, S.E
:
- Planning
- Organizing
- Coordinating
- Actuating
- Leading
- Communication
- Controlling
15. The
Liang Gie :
- Planning
- Decision Making
- Directing
- Coordinating
- Controlling
- Improving
16. James
A.F.Stoner :
- Planning
- Organizing
- Leading
- Controlling
17. Louis
A.Kallen :
- Planning
- Organizing
- Actuting
- Leading
18. Oeng
Liang Lee
- Planning
- Organizing
- Directing
- Coordinating
- Controlling
Pengertian-pengertian :
1.
Planning
Berbagai
batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat
rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah
penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan
merupakan
penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut.
1.
Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah
sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di
manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4.
kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5.
Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6.
Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut
Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk
mencapai sasaran tadi.
2.
Organizing
Organizing
atau pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja
sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah
sasaran.
3.
Controlling
Controlling
atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen
yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa
yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan
tujuan yang telah digariskan semula.
4.
Activating
Activating
atau pelaksanaan adalah suatu fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja
nyata dalam suatu kegiatan manajemen.
5.
Staffing
Staffing
adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil
kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan
tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
6.
Directing / Commanding
Directing
atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi
bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan
tugas masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar
tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
7.
Coordinating
Coordinating
atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan
berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan
kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan
bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan
organisasi.
8.
Reporting
Adalah
salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan
atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan
fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Pekerjaan
leading meliputi lima kegiatan yaitu :
- Mengambil keputusan
- Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
- Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih
orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan
sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang
ditetapkan.
10.Innovating
Innovating
merupakan fungsi manajemen berupa penelitian, pengembangan, dan / atau
perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks
ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
11.
Representing
Representing
adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.
12.
Budgeting
Budgeting
merupakan fungsi manajemen berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik
itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.
13.
Assembling
Assembling
merupakan fungsi manajemen dimana terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal
kegiatan yang berhubungan dengan manajemen itu sendiri.
14.
Resources
Resources
merupakan fungsi manajemen berupa pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA
atau SDM sehingga terjadi ketepatgunaan.
15.
Motivating
Motivating
atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa
pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan
melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16.
Actuating
Actuating
adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha
untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha
organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang
agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama
untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang
dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
17.
Communication
Communication
merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari
satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara
keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata
(lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini komunikasi
yag terjadi diantara hierarki kepemimpinan.
18.
Decision Making
Dicision
Making merupakan fungsi manajemen yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau
keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu
jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses
pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa
berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.
19.
Improving
Improving
adalah salah satu fungsi manajemen dalam hal peningkatan mutu kegiatan,
kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar