Selasa, 30 Agustus 2011

Trik Sehat Berponsel

Posted by Arul 30/08/2011
http://kaltim.tribunnews.com/2011/07/30/trik-sehat-berponsel
 
     Ponsel sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan lagi dari keseharian kita. Padahal, kita patut berhati-hati dalam menggunakannya. Menurut studi terbaru dari National Institutes of Health, menggunakan ponsel lebih dari 30 menit sehari bisa membuat tubuh terpapar radiasi eletromagnetik. Ini bisa memicu risiko kanker otak. Namun, tak usah cemas. Devra Lee Davis, PhD, dokter bidang epidemiologi sekaligus penulis buku Disconnect : The Truth About Cell Phone Radiation, memberikan 4 tip bersahabat dengan ponsel :
1. Alih-alih menempelkan ponsel langsung ke telinga, sebaiknya dengarkan pembicaraan lewat speaker atau handsfree.
2. Sebaiknya, jangan lakukan panggilan di dalam mobil atau kereta yang tengah melaju kencang. Mengapa? Sebab di kedua tempat ini, sinyal ponsel cenderung lemah dan perlu melakukan rekoneksi ke menara pemancar. Ketika melakukan rekoneksi inilah, radiasi jadi lebih kuat dan jika kita melakukan panggilan, radiasinya bisa memapari telinga.
3. Anjurkan anak-anak untuk mengirim pesan singkat ketimbang melakukan panggilan dengan ponsel. Gunanya untuk mencegah radiasi eletromagnetik menembus tulang tengkorak anak yang masih tipis.
4. Selingi pemakaian telepon selular dengan media telekomunikasi lainnya, seperti telepon kabel atau telepon berbasis internet yang juga memiliki aplikasi chatting atau video call seperti Skype. (Astrid Anastasia/prevention)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar